ALAT PERMAINAN PIRAMIDA PANGAN SEBAGAI STIMULASI PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG
Tujuan Media
Tujuan pembuatan alat permainan piramida pangan untuk menstimulasi pengetahuan gizi seimbang anak usia 5-6 tahun. Stimulasi yang disajikan pada alat permainan yaitu mengenal makanan sehat yang dapat dokonsumsi dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan porsi yang tepat.
Spesifikasi Produk
- Alat permainan piramida pangan terbuat dari bahan dasar impraboard dan dilengkapi tripod frame dengan ukuran tinggi 80cm dan lebar 60cm
- Alat permainan piramida pangan memiliki warna-warna yang menarik minat anak.
- Gambar dari setiap komponen makanan sehat dan bergizi ditempelkan sesuai dengan komponen makanan yang dilapisi magnet.
- Alat permainan piramida pangan terdiri dari materi makanan sehat sesuai dengan pedoman gizi seimbang dalam piramida pangan.
- Alat permainan piramida pangan dilengkapi dengan kartu urutan (berisi nomor dan cara bermain), keranjang, dan uang mainan.
- Alat permainan piramida pangan digunakan untuk usia 5-6 tahun.
Panduan Penggunaan
- Menyiapkan alat permainan
- Memberikan pengantar mengenai gizi seimbang dan makanan sehat
- Guru membagikan uang mainan kepada anak untuk proses jual beli pada permainan piramida pangan
- Anak mengambil kartu urutan secara acak yang diberikan oleh guru
- Anak membeli makanan sehat sesuai dengan kartu urutan yang didapat kepada penjual (guru atau teman)
- Anak memasukan gambar makanan sehat kedalam keranjang atau wadah yang disediakan
- Anak menempelakan gambar makanan sehat pada papan permainan piramida pangan sesuai dengan tingkatan
- Anak menyebutkan gambar makanan sehat yang telah ditempel dipapan piramida pangan
QR CODE Buku Panduan
Identitas Pengembang
- Nama : Avrilia Dwi Cahyani
- Angkatan : 2020
- Prodi : PG PAUD FIP UM