| | | |

MONOPOLI NUTRIVENTURE GAME SEBAGAI UPAYA STIMULASI PEMAHAMAN GIZI SEIMBANG

Tujuan Permainan

  • Memudahkan anak dan guru berinteraksi selama proses pembelajaran sehingga materi pokok khususnya gizi seimbang mampu diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran;
  • Mengembangan kemampuan sosial emosional dengan melatih anak untuk sabar menunggu giliran dan bersosialisasi dengan teman saat bermain;
  • Mengembangkan kemampuan kognitif anak dengan menjawab pertanyaan dan tantangan;
  • Mengembangkan kemampuan fisik motorik melalui kegiatan melempar dadu dan menjalankan bidak.
  • Mengembangkan kemampuan bahasa anak dengan mengenal kosa kata baru;
  • Meningkatkan keterampilan memecahkan masalah serta kemampuan kerjasama, komunikatif, dan menginterpretasikan suatu kejadian.

Spesifikasi Produk

  1. Produk yang dikembangkan adalah sebuah permainan monopoli Nutriventure Game yang di dalamnya berupa pesan-pesan umum gizi seimbang yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari anak usia 5-6 tahun.
  2. Adapun komponen dalam permainan monopoli Nutriventure Game antara lain:
    a. Kotak permainan.
    Kotak permainan memiliki ukuran 60 cm x 60 cm yang berjumlah 32 petak. Masing-masing petak dilengkapi gambar sesuai dengan pernyataan dalam petak tersebut. Kotak permainan ini didesain dengan tema petualangan bajak laut.
    b. Kartu informasi.
    Kartu informasi memiliki ukuran 5 cm x 7 cm berisi informasi mengenai setiap petak.
    c. Kartu dana umum.
    Kartu dana umum memiliki ukuran 5 cm x 7 cm berisi aktivitas yang harus dilakukan oleh pemain agar mendapatkan uang dari bank.
    d. Kartu peringatan.
    Kartu peringatan memiliki ukuran 5 cm x 7 cm berisi jenis pelanggaran dan denda yang harus dibayar oleh pemain.
    e. Kartu pertanyaan.
    Kartu pertanyaan memiliki ukuran 5 cm x 7 cm berisi pertanyaan yang harus dijawab oleh pemain. Apabila pemain bisa menjawab pertanyaan dengan benar, maka pemain akan mendapat hadiah dari bank. Apabila pemain tidak bisa menjawab pertanyaan, maka pemain boleh meminta bantuan kepada teman atau membayar denda.
    f. Bidak.
    Bidak yang digunakan terbuat dari bahan akrilik yang berukuran 2cm x 3 cm dengan ketebalan 3 mm.
    g. Dadu.
    Terdapat dua dadu yang digunakan dalam permainan monopoli Nutriventure Game. Penggunaan dadu diharapkan dapat membiasakan anak untuk membilang.
    h. Uang mainan.
    Uang mainan memiliki ukuran 6,5 cm x 13,5 cm. Uang mainan ini terdiri dari pecahan seribu, dua ribu, lima ribu, sepuluh ribu, dua puluh ribu, lima puluh ribu, dan seratus ribu rupiah.

Buku Panduan Permainan

Identitas Pengembang

  • Nama : Sintya Tiara Putri
  • Angkatan : 2019
  • Prodi : PG PAUD UM

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *