| |

PERMAINAN STEP WITH ME UNTUK MENSTIMULASI KEBUGARAN JASMANI ANAK

Tujuan dan Permainan

  • Permainan step with me bertujuan untuk menstimulasi unsur kebugaran jasmani berupa keseimbangan, kelincahan, kekuatan dan koordinasi tubuh.
  • Melatih kekuatan otot kaki, keseimbangan tubuh, koordinasi tubuh dan melatih keberanian serta percaya diri
  • Melatih kelincahan anak dapat dilihat saat anak melewati cone atau rintangan dengan berhenti, mengubah arah dengan cepat dan tanpa kehilangan keseimbangan tubuh.
  • Melatih kekuatan otot tangan dan paha.
  • Stimulasi kebugaran jasmani berupa kekuatan dan koordinasi mata dengan tangan.

Media Pendukung dalam Permainan Step With Me

1. Berjalan di atas papan titian. Pada tantangan ini diperlukan media papan titian. Namun jika dilakukan di rumah dapat menggunakan lakban yang direkatkan pada lantai sehingga membentuk garis zigzag.

2. Lari zig-zag melewati rintangan (kerucut) yang telah disusun secara vertikal dengan panjang sekitar ±3 meter. Jika dilakukan di rumah dapat diganti dengan botol yang diisi air agar tidak mudah terjatuh.

3. Melompat mengikuti jejak kaki raksasa. Media yang digunakan yaitu gambar jejak kaki.

4. Merangkak. Media yang dibutuhkan yaitu magic straw, meja/kursi yang dibentuk seperti terowongan.

5. Melempar bola dalam keranjang. Media yang diperlukan yaitu bola kecil dan keranjang/kardus. Jarak antara tempat anak melempar bola dengan keranjang yaitu ±2 meter.

Langkah-langkah Permainan Step With Me

  • Permainan dapat dilakukan secara individu maupun bergantian mulai dari pemain pertama hingga pemain terakhir
  • Sebelum memulai permainan guru menjelaskan dengan memberi contoh cara melakukan permainan step with me
  • Permainan pertama yaitu anak berjalan dengan merentangkan tangan di atas papan titian tanpa terjatuh
  • Selanjutnya anak berlari zig-zag melewati tantangan yang ada
  • Kemudian anak melompat mengikuti jejak kaki yang ada. Apabila jejak menunjukkan satu telapak kaki kanan maka anak juga berdiri menggunakan satu kaki kanan begitu pula sebaliknya, namun jika jejak menuntukkan dua telapak kaki maka anak juga berdiri dengan dua kaki
  • Selanjutnya anak merangkak melewati rintangan. punggung anak tidak boleh menyentuh rintangan yang ada
  • Permainan terakhir yaitu melempar bola ke dalam keranjang. Anak akan melempar bola ke dalam keranjang dengan jarak ± 50-100 cm. Anak diberikan kesempatan melempar sebanyak 3 kali, jika dalam sekali lempar berhasil maka tidak perlu melempar lagi
  • Apabila anak tidak berhasil melakukan tantangan maka anak mengulang lagi dari awal

Skema Permainan

Identitas Pengembang

  • Nama : Novianti Rizky
  • Angkatan : 2017
  • Prodi : PG PAUD UM

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *