| | |

GAME INTERAKTIF BERBASIS MOBILE LEARNING (M-LEARNING) UNTUK MENSTIMULASI HOTS

Tujuan dan Manfaat Game Interaktif “GAMITAU”

  • Membantu menstimulasi anak usia dini dalam kemampuan berpikir terutama dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi/ Higher Order Thinking Skills (HOTs) pada anak usia 5 – 6 tahun
  • Melatih perkembangan anak usia 5 – 6 tahun yang sesuai dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi dasar (KD)
  • Melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi/ Higher Order Thinking Skills (HOTs) anak dalam menghadapi permasalahan – permasalahan dan pemecahan masalah yang ada pada permainan “GAMITAU”

Spesifikasi Produk

  • Game interaktif ini berbentuk aplikasi yang dapat digunakan melalui Mobile Learning (M – Learning.
  • Pengembangan game interaktif dikembangkan dengan menggunakan software I spiring suite.
  • Game interaktif “GAMITAU” terdiri dari materi dan games yang memiliki tingkatan kesulitan yang berbeda – beda dan memiliki games yang berbeda pula pada tiap stage sesuai dengan tingkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi/ Higher Order Thinking Skills (HOTs).
  • Pada stage 1 terdapat menu awal berisikan judul, petunjuk penggunaan, tombol mulai dan tujuan pembelajaran.
  • Pada stage 2 terdapat menu yang berisikan kumpulan judul materi yang akan dipelajari oleh anak.
  • Pada stage 3 terdapat tampilan seperti pada desa, di mana stage ini merupakan kumpulan games yang akan dimainkan anak hingga selesai.
  • Pada stage 4 terdapat tujuan pembelajaran, di mana pada stage ini berisi tujuan pembelajaran yang hendak dicapai oleh anak.
  • Pada stage materi 1 terdapat sebuah video yang akan dipelajari oleh anak, sesuai dengan tingkatan ranah kognitif C1 yaitu “ mengingat”.
  • Pada stage materi 2 terdapat sebuah video yang akan dipelajari oleh anak, sesuai pada tingkatan ranak kognitif C2 yaitu “memahami”.
  • Pada stage game ke – 1, 2 dan 3 terdapat sebuah permasalahan yang akan diselesaikan oleh anak, sesuai pada tingkatan ranah kognitif C3 anak yaitu “mengaplikasikan”.
  • Pada stage game ke – 4 dan 5 terdapat sebuah permasalahan yang akan diselesaikan oleh anak, sesuai pada tingkatan ranah kognitif C4 yaitu “menganalisis”.
  • Pada stage game ke – 6, 7 dan 8 terdapat sebuah permasalahan yang akan diselesaikan oleh anak, sesuai pada tingkatan ranah kognitif C5 yaitu “mengevaluasi”.
  • Pada stage game ke – 9 dan 10 terdapat sebuah permasalahan yang akan diselesaikan oleh anak, sesuai pada tingkatan ranah kognitif C6 yaitu “mencipta”.
  • Pada stage terakhir terdapat skor di mana skor tersebut merupakan hasil anak dalam menyelesaikan games.

Download Game :

Buku Panduan GAMITAU

Identitas Pengembang

  • Nama : Lovian Shalsa Pramesta
  • Angkatan : 2018
  • Prodi : PG PAUD UM

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *